Karakter Anime / Manga Naruto : Jiraiya

Guru Naruto ini pun memiliki sikap yang sama dengan namanya. Nama Jiraiya memiliki kanji  (自来也) yang artinya “datang karena keinginan sendiri”. Seperti yang pasti diketahui para penggemar anime dan manga Naruto, sosok Jiraiya ini memang seringnya datang dan pergi sesuka hatinya di Konohagakure.

Yang tak banyak diketahui, sosok para ninja hebat di Naruto seperti Jiraiya, Tsunade dan bahkan Orochimaru, namanya diambil dari literatur kuno Jepang berjudulJiraiya Goketsu Monogatari児雷也豪傑物語, “Legenda Jiraiya si pemberani”. Kisah ini berhubungan dengan kemampuan Jiraiya untuk memanggil Kuchiyose atau hewan summon yang berupa keluarga katak Gamabunta dan Gamaken. Selain namanya yang berasal dari legenda Jepang, Jiraiya pun sering disebut dengan Petapa Genit oleh Naruto, sebabnya? Kita jelaskan nanti dibawah.

Penampilan Jiraiya sendiri selalu nampak mencolok. Tubuh yang tinggi dan besar membuat Jiraiya dengan mudah langsung dikenali, namun lebih dari itu, rambutnya berwarna putih, panjang, dan runcing-runcing mirip duri menjadikan dirinya lebih mencolok lagi pula dengan dandanan muka yang mirip dengan pementas kabuki. Namun yang lebih menarik lagi, seperti panggilan Naruto untuknya, Jiraiya memiliki karakteristik yang mesum.

Mungkin penampilannya begitu nyentrik, dengan karakter yang juga tak kalah unik sebagai ninja hebat yang mesum. Namun jangan remehkan kekuatan dan kemampuan Jiraiya. Tak banyak yang tahu, bahwa Jiraiya, sebagai seorang sannin memiliki jutsu sangat banyak – yang tak sering ia tunjukan. Salah satu jutsu yang pernah ia tunjukan saat pertama kali muncul, berupa jutsu legendaris sangat sulit dan hanya dikuasai oleh beberapa orang saja : Kuchiyose no Jutsu. Selain itu, ia pun memiliki jutsu-jutsu gabungan ciptaannya sendiri, seperti contohnya jutsu gabungan antara dirinya dengan Gamabunta yang menghasilkan jutsu sangat hebat, selain itu, justu dengan elemen tanah pun menjadi kekuatannya yang lain. Nah, salah satu yang menarik, Jiraiya pun memiliki pengetahuan dan penguasaan untuk fuuinjutsu atau segel gaib yang sangat luas. Salah satunya saat ia melepas segel gaib yang diberikan oleh Orochimaru.

Namun salah satun jurus andalan Jiraiya pun mirip dengan Naruto – sang murid, yaitu jurus Rasengan yang diciptakan oleh Minato Namikaze, Hakage keempat. Hanya saja, jutsu Rasengan yang dimiliki oleh Jiraiya lebih besar dan lebih kuat dibanding yang dimiliki oleh Naruto Uzumaki.

Dan Jiraiya pun memiliki jurus pemanggil “ketua” keluarga kodok, “kakek” dan “nenek” yang berada di pundak Jiraiya. Kedua kodok “kakek” dan “nenek” ini kerap kali dipanggil oleh Jiraiya untuk membantu di pertempuran, dan meloloskan Jiraiya bila terjebak dalam bahaya. Jutsu paling hebat dari pasangan “kakek” dan “nenek” kodok ini berupa ilmu ilusi atau genjutsu yang mampu memperangkap lawannya di alam bawah sadar dengan kubah air. Ini langsung digunakan oleh Jiraiya untuk membunuh sang musuh di dunia nyata.

Kisah pertemuan Jiraiya dan Naruto Uzumaki pun cukup unik, hingga akhirnya Jiraiya pun menjadi guru Naruto. Kala itu, Naruto yang tengah berlatih dengan guru Ebisu didatangi Jiraiya yang langsung mengalahkan Ebisu dengan Kuchiyose miliknya. Naruto yang kehilangan gurunya, lantas meminta Jiraiya melatihnya. Saat itulah, Jiraiya menyadari mengapa Naruto sulit mengontrol chakra miliknya – yang disebabkan karena segel Orochimaru yang diberikan pada Naruto pada Ujian Chuunin. Naruto lalu diajarkan memanggil kuchiyose, yang berjenis katak, sama seperti Jiraiya dan Hokage ke-4.

Tags: , ,

If you want buys our product please contact us directly. our Online Store not availble yet for Transaction. Only Available on Indonesia Area