Karakter Anime / Manga Naruto : Shikamaru Nara

Sosok Shikamaru Nara sering dikaitkan dengan hewan Rusa, pasalnya asal nama Shikamaru sendiri berasal dari kata Shika yang berarti Rusa, dan Maru yang artinya Lingkaran atau berkembang dengan baik.

Bagi para penggemar anime ataupun manga Naruto pasti tak asing dengan sosok Shikamaru Nara, teman satu perguruan ninja dengan Naruto, Kiba, dan Chouji. Mereka berempat merupakan ninja Genen yang paling sering mendapat teguran dari guru Iruka Umino. Bedanya, Shikamaru sering ditegur karena kemalasannya. Berasal dari klan Nara, Shikamaru merupakan salah satu yang memiliki IQ hingga 200. Hanya saja, ketimbang berlatih ninjutsu ia lebih suka tidur siang sembari melihat awan.

Karakter dan penampilan Shikamaru yang nampak paling unik dibanding para ninja lain. Bukan hanya karena ia jenius dan memiliki intuisi yang hebat, namun karena ia berani mengatakan dirinya sebagai seorang penakut, “penakut nomor satu” dan “paling jago melarikan diri,”.  Padahal faktanya, Shikamaru hanya terlalu malas untuk bertarung dan menggunakan kekuatannya. Ia pun paling enggan bila harus melalukan sesuatu yang membuatnya harus bertaruh nyawa. Tak heran, Shikamaru pun lebih suka melakukan shogi atau catur jepang ketimbang bertarung dan melakukan misi seperti shinobi lain.

Lulus dari akademi pada usia 12 tahun, Shikamaru bergabung dengan tim Asuma bersama Chouji dan Ino. Disini pun Shikamaru tetap tak menunjukan ketertarikan pada pertarungan seperti shinobi lain. Malahan, Shikamaru mengaku dirinya bermimpi untuk menjadi ninja biasa yang dapat menikah dengan perempuan yang tak cantik juga tak jelek, memiliki dua anak perempuan dan laki-laki. Selain itu, ia pun berencana menghabiskan waktu pensiunnya nanti sebagai petani. Mimpi yang cukup unik di kalangan para ninja Shinobi yang biasanya ingin menjadi Hokage, Kazekage, dan lain-lain. Padahal beberapa kali Shikamaru membuktikan kemampuannya di arena pertempuran dengan kemampuan berpikir cepat dan logis, ini sering membuat Shikamaru sering menyelamatkan rekan yang lain.

Penampilan Shikamaru sendiri cukup unik, dengan rambut hitam lurus dan terbuka di bagian dahi, sedangkan sisanya diikat ke atas. Ya, selintas tampilan Shikamaru mirip dengan samurai. Selain itu, pelindung kepala dengan simbol desa Konohagakure diletakkan di lengan kiri. Yang paling khas, Shikamaru memiliki ekspresi yang cuek dan juga sangat pemalas. Setelah ujian chuunin, dia mengenakan jaket pelindung dari desa sebagai pengganti jaketnya yang lama. Dia mengenakan celana 3/4 berwarna hijau.

Dengan IQ yang jauh diatas rata-rata, tak heran bila Shikamaru memiliki kemampuan lebih di bidang strategi dan taktik. Kecepatan Shikamaru dalam menyusun taktik dan strategi hanya bisa disaingi oleh Kakashi. Kemampuan tersebut menutupi kekurangannya seperti chakra yang kurang dan lemahnya jutsu ataupun kekuatannya yang lain. Satu-satunya kekuatan Shikamaru yakni mengendalikan bayangan. Dan inipun dimanfaatkan untuk nya bagi memperdaya para musuh, ketimbang untuk bertempur dengan tenaga. Salah satu momen dimana kecerdasan Shikamaru paling nampak saat ia berhasil menjebak teman-temannya seperti Temari, dan Tayuya. Bahkan Shikamaru pernah memperdaya anggota tim Akatsuki yang paling dikenal dengan kesadisan dan kekejamannya, Hidan dan Kakuzu.

Uniknya, meski pemalas, tak memiliki chakra dan kekuatan, namun saat ujian Chuunin hanya Shikamaru yang lolos menjadi Chuunin. Kala itu ia berhasil menyelesaikan satu-persatu babak ujian Chuunin dengan kemampuan strategi serta taktiknya. Shikamaru menjadi contoh bahwa kecerdasan dan kepintaran pun bisa mengalahkan kekuatan otot. Contohnya ia dengan kemampuan otaknya bisa menandingi shinobi lain yang lebih ahli dalam ninjutsu.

Tags: , ,

If you want buys our product please contact us directly. our Online Store not availble yet for Transaction. Only Available on Indonesia Area